Pengertian Teori Bintang Kembar dan Penjelasannya


Teori bintang kembar merupakan salah satu teori yang tercipta dari berbagai teori tentang berbagai pembentukan tata surya. Teori ini juga dikemukakan oleh dua ilmuwan sekaligus.

Penemu & Pencetus Teori Bintang Kembar

Teori bintang kembar pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli astronomi yang bernama Raymond Arthur Lyttleton pada tahun 1930. Ia berpendapat bahwa awalnya ada dua bintang yang saling mengitari satu sama lain. Kemudian ada bintang lagi yang melintasi kemudian menabrak salah satu bintang tersebut. 

Nah kedua bintang yang bertabrakan tersebut kemudian terpecah belah dan menjadi serpihan serpihan kecil lalu membeku menjadi planet. Bintang yang masih utuh tersebut memiliki gravitasi yang cukup kuat kemudian menarik serpihan dan material bintang yang meledak itu.

Penemu yang kedua adalah Fred Hoyle dan dicetuskan pada tahun 1956. Ia berpendapat bahwa tata surya pada awalnya berasal dari dua bintang raksasa. Lalu salah satu dari bintang tersebut meledak. Material material bintang itu kemudian tertarik bintang yang masih utuh dan seiring waktu material bintang tersebut mendingin dan menjadi planet.

Faktor utama terciptanya teori bintang kembar mengacu pada hasil dari penelitian sebelumnya terhadap pembentukan 'tata surya' yang lain. Lyttleton berpendapat bahwa ia beranggapan ada tata surya lain yang tercipta oleh teori bintang kembar.

Itulah beberapa penjelasan bintang kembar, teori bintang kembar, pengertian bintang kembar, dan penemu bintang kembar. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

close
loading...