5 Akibat Pemanasan Global

Ilustrasi Pemanasan Global

Pemanasan global merupakan menaiknya suhu permukaan Bumi oleh peningkatan gas rumah kaca. Beberapa abad terakhir, kenaikan suhu Bumi hanya sekitar 0,3 sampai 0,8 derajat celcius saja sedangkan 100 tahun kedepan kenaikan suhu dapat mencapai 4 derajat celcius.

Penyebab global warming(pemanasan global) menjadi suatu hal yang sangat serius dihadapi dunia saat ini. Dampak pemanasan global sangat berkaitan dengan proses meningkatnya suhu permukaan Bumi.

Peningkatan dari suhu permukaan Bumi disebabkan oleh adanya radiasi Matahari menuju Bumi. Lalu sebagian radiasi sinar Matahari berubah menjadi sinar inframerah lalu diserap oleh udara. Sebagian sinar inframerah dipantulkan lagi ke atmosfer kemudian di tangkap oleh gas gas rumah kaca. Hal ini dapat menyebabkan suhu Bumi meningkat. Seperti itulah proses pemanasan global.

Penyebab pemanasan global antara lain adalah :

Efek Rumah Kaca

Ketika sebagian sinar Matahari datang ke Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Lalu permukaan Bumi akan menyerap sebagian panas Matahari lalu sebagiannya lagi dipantulkan ke luar angkasa. Namun karena menumpuknya jumlah gas rumah kaca yang terdiri dari karbondioksida, uap air, dsb membuat panas di Bumi akan bertahan. Dan suhu Bumi makin meningkat setiap tahunnya.

Peningkatan suhu Bumi tahun 1999 hingga 2008

Berikut 5 Akibatkan yang ditimbulkan oleh pemanasan global

1. Mencairnya es di kutub Bumi
Pemanasan global ternyata juga berdampak besar pada lingkungan di kutub Bumi. Kutub utara dan kutub selatan sebagian daerahnya dilapisi oleh es.

Karena pemanasan global dapat menyebabkan kenaikan suhu Bumi, maka hal ini akan menyebabkan mencairnya es - es yang ada di permukaan Bumi. Salah satunya adalah wilayah Antartika. Hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya es yang berada di Bumi dan bisa menyebabkan penguapan air menjadi lebih banyak.

2. Menipisnya lapisan ozon
Pemanasan global juga akan mengakibatkan menipisnya lapisan ozon yang melapisi Bumi. Lapisan ozon berfungsi sebagai 'penyaring' sinar ultraviolet yang akan masuk ke permukaan Bumi.

Karena efek yang ditimbulkan pemanasan global adalah suhu Bumi naik, maka hal ini akan menyebabkan lapisan ozon semakin tipis bahkan kemungkinan akan berlubang. Jika hal ini terjadi maka Bumi tidak ada lapisan pelindung lagi dan dapat mengancam keselamatan Bumi.

3. Makin tingginya permukaan air laut
Naiknya suhu rata rata di Bumi bisa menyebabkan es di kutub mencair. Nah, akibat mencairnya es di kutub ini, volume air laut akan ikut bertambah. Hal ini disebabkan oleh es kutub utara yang mencair. Lalu airnya akan menambah jumlah volume air laut yang ada di permukaan Bumi. Selama beberapa ratus tahun terakhir tercatat kenaikan air laut sudah mencapai 10 cm hingga 25 cm.

4. Daratan di Bumi akan banyak yanh tenggelam
Sebelumnya dijelaskan bahwa pemanasan global dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut. Nah akibat dari naiknya permukaan air laut dapat menyebabkan tenggelamnya daratan, terutama pulau pulau kecil yang ada di permukaan Bumi.

Mencairnya es di kutub Bumi akan menambah volume air laut bertambah kemudian air laut naik ke permukaan. Akibatnya banyak pulau pulau kecil yang tenggelam.

5. Menimbulkan penyakit bagi manusia
Pemanasan global juga bisa mendatangkan penyakit bagi manusia. Antara lain adalah kardiovaskular, stress dan stroke. Ada juga penyakit yang muncul melalui virus yang diakibatkan oleh gigitan hewan. Contohnya adalah demam berdarah dan malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Naiknya suhu di permukaan Bumi menyebabkan nyamuk dapat berkembang biak dengan cepat. Dan karena itu bisa menyebabkan penyakit bagi manusia.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pemanasan global dan akibat yang ditimbulkan olehnya. Semoga bermanfaat.
Tentang Penulis

Artikel terkait: