Karakteristik dan Ciri Ciri Planet Mars

Planet Mars di potret oleh satelit

Mars merupakan salah satu planet tetangga Bumi yang memiliki luas permukaan sekitar 144 juta km. Planet ini juga sering disebut sebagai planet merah karena jika di lihat dari satelit, tampak berwarna kemerah merahan. Hal ini disebabkan oleh permukaan Mars yang mengandung besi & dioksida.

Di permukaan Mars juga terdapat banyak gunung berapi. Contohnya adalah Olympus Mons yang memiliki ketinggian mencapai 24 km. Jika dibandingkan dengan Venus, Planet Mars lebih baik. Namun belum memenuhi kriteria sebagai planet layak huni.

Ilustrasi Permukaan Mars

Pada awal mula tercipta, Mars terlihat gelap. Warna planet Mars mulai berubah menjadi merah setelah besi di permukaan Mars teroksidasi. Para ahli berpendapat bahwa hal itu bisa disebabkan oleh badai yang terjadi saat Mars masih muda. Sehingga menyebabkan besi dan oksigen bereaksi.

Planet ini juga memiliki 2 buah satelit yaitu Phobos dan Deimos. Mars juga mempunyai jarak yang cukup jauh dari Matahari yaitu sekitar 249 juta km dan membutuhkan waktu selama 687 hari untuk mengelilingi matahari dalam satu putaran.

Misi untuk mengirim manusia untuk kesana sudah direncanakan. Misi tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2023. Suhu dan tekanan udara yang sangat rendah menyebabkan manusia wajib menggunakan alat bantu pernafasan jika ingin tinggal disana.

Setelah penjelasan singkat mengenai planet Mars, berikut beberapa karakteristik dan ciri ciri planet Mars.

1. Berukuran lebih besar dari pada Merkurius yaitu sekitar 6500 km.

2. Suhu dipermukaan Mars mencapai 50 - 60 derajat celcius dan suhu terendah nya dapat mencapai minus 100 derajat celcius.

3. Kala revolusi Mars 2 kali lipat jika dibandingkan dengan Bumi dan kala rotasinya adalah 24,6 jam. Hampir sama seperti Bumi.

4. Mars memiliki 2 satelit alami yaitu Phobos dan Deimos. Kedua satelit ini berukuran kecil seperti asteroid.

5. Mars memiliki gunung tertinggi di tata surya yaitu Olympus Mons yang mempunyai ketinggian 24km.

6. Mars mempunyai jarak rata rata 249,7 juta km dari Matahari.

7. Mars memiliki massa lebih rendah dari Bumi yaitu hanya 0,107 dari massa Bumi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ciri ciri fisik planet Mars. Semoga dalam jangka waktu yang panjang planet ini dapat ditinggali oleh manusia. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Karakteristik dan Ciri Ciri Planet Mars"

Post a Comment

close
loading...