Mengapa Astronot Melayang Saat Berada Di Luar Angkasa?



Bagi kamu yang suka dengan astronomi pasti sering nonton video di youtube dari stasiun luar angkasa, atau yang lebih di kenal dengan sebutan ISS. Kayaknya enak ya bisa melayang layang seperti kapas.

Namun yang menjadi pertanyaan di benak kita adalah
"Apa sih penyebab astronot dapat melayang di angkasa?"

Semua orang yang awam dalam ilmu astronomi pasti akan dengan mudah menjawab pertanyaan tersebut. Yaitu penyebabnya karena tidak ada gravitasi di luar angkasa.

Namun semua itu salah. Kenyataannya, di dalam stasiun luar angkasa, dekat dengan orbit bumi, astronot masih merasakan sedikit tarikan gaya gravitasi Bumi.

"Tapi kenapa kalo ada gravitasi bisa melayang di dalam ISS? Seolah di stasiun luar angkasa tidak ada gravitasi?"

Hal itu dapat di jawab dengan mudah. Karena astronot sebenarnya jatuh bebas di dalam stasiun luar angkasa. Jadi terlihat seperti melayang layang.

Coba deh perhatikan gambar di bawah ini


Pernah naik wahana menyeramkan ini? Pastinya kalian sangat merasakan sensasinya kan? hehe. Pada wahana ini, benda disekitarnya seperti kursi pasti akan langsung bergerak ke bawah karena tertarik oleh gravitasi.

Dan hal yang diakibatkan dari hal tersebut adalah kita akan merasakan melayang layang saat menaiki wahana Hysteria.

Sama seperti yang di alami astronot. Tapi tidak berarti gravitasi akan hilang ketika jatuh. Kita hanya merasakan tarikan gravitasi tersebut.

Di dalam stasiun luar angkasa, orang orang dan semua benda yang ada di dalamnya akan bergerak dengan kecepatan yang sama. Dan hal itu mengakibatkan gaya gravitasi tidak bisa dirasakan.

Itulah beberapa penyebab astronot melayang di stasiun luar angkasa. Tentu hal ini menjadi tantangan bagi para astronot dalam melakukan pekerjaan mereka. Tapi ingat, di sana mereka tetap mengalami gaya gravitasi lho ya.


Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengapa Astronot Melayang Saat Berada Di Luar Angkasa?"

Post a Comment

close
loading...