Apa Yang Terjadi Jika Bumi Tanpa Bulan?



Seperti kekasih, Bumi dan Bulan adalah objek alam yang tidak dapat dipisahkan. Ukuran bulan hanyalah 2% dari ukuran Bumi. sangat kecil sekali, tapi peranannya sangat berbeda dengan ukuran bulan.

Tak hanya sebagai pasangan & satelit alami bumi, tetapi juga sebagai saudara dan induk terhadap planet kita ini. Artinya tidak dapat terpisahkan. Salah satu peranan bulan yang sangat penting adalah akibat dari rotasi bulan itu sendiri, yaitu terjadinya waktu siang & malam serta pasang surut air laut.

Bagian bumi yang berada dekat dengan bulan akan mengalami air pasang, sebaliknya bagian bumi yang berada jauh dari bulan akan mengalami air surut.

Pernah ngga sih kamu mikir jika suatu saat bumi berputar tanpa bulan?. Tentu kamu nggak akan kepikiran, Tapi ilmuwan mengatakan bahwa bulan menjauh 3,82 cm setiap tahunnya. Hal ini disebabkan gaya sentrifugal.

Apa itu sentrifugal?
Gaya sentrifugal adalah gaya yang akan tercipta saat benda bergerak melingkar. Arah gaya ini akan selalu menjauhi pusat lingkarnya. Tentu seram ya jika bumi berputar tanpa bulan. Tapi tenang saja, ini akan terjadi setelah beberapa ratus juta tahun kemudian.

Baca juga:
> Planet unik yang mempunyai tiga matahari
> Bintang paling besar yang ada digalaksi bima sakti


Inilah yang akan terjadi jika bumi berputar tanpa bulan


Iklim akan hancur


Tahu nggak sih kalau pasang surut air laut itu dipengaruhi dan dikontrol penuh oleh bulan?. Jika bulan tidak ada maka pasang surut akan dialihkan oleh gravitasi matahari.

Tahu sendiri kalau kekuatan gravitasi matahari 1/3 kekuatan gravitasi bulan, itu sangat lemah sekali. Kebiasaan manusia yang mengandalkan fase bulan akan hilang dalan sekejap, dan keseimbangan iklim akan hancur. Serem yaa...

Langit dimalam hari akan sangat gelap

Bulan merupakan suatu objek yang sangat terang saat malam hari tiba. Saat mati lampu pasti kita akan keluar rumah dan melihat betapa cerahnya cahaya bulan, Apalagi saat bulan purnama.

Bagaimana jika tanpa bulan? dipastikan langit dimalam hari akan jadi lebih gelap dan nggak ada tontonan saat menatap langit, apalagi saat berduaan sama pacar saling menatap langit dimalam hari.

Tetapi ilmuan menjelaskan bahwa objek cerah lainnya yang masih dapat dilihat dalam kegelapan adalah planet Venus. Sayangnya cahaya planet Venus masih kalah dengan cerahnya cahaya bulan. Karena cahaya yang dihasilkan bulan, apalagi saat bulan purnama akan mencapai 2000 kali lipat dari pada cahaya yang dihasilkan planet Venus.

Mempengaruhi sumbu bumi


Adanya bulan bisa menstabilkan bumi agar selalu pada posisi 23 derajat yang juga akan mempengaruhi musim di bumi. Tapi apa jadi nya jika tidak ada bulan? Bumi kita akan berputar kesamping! dan menyebabkan bumi mendekati posisi nol & 97 derajat.

Bumi pasti akan mengalami naib naas yang dialami planet Uranus. yaitu mengakibatkan matahari akan terus menyinari bumi selama 42 tahun.

Satu hari bisa mencapai 9600 Jam!


Pada masa kita sekarang bumi satu hari sama seperti 24 jam. Tapi puluhan juta tahun yang lalu kecepatan rotasi bumi sangatlah cepat, bahkan bumi pernah mengalami periode satu hari sama seperti 10 jam bahkan 5 jam.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa ini terjadi dilihat dari keadaan biota laut pada puluhan juta tahun yang lalu. Ada salah satu jenis biota laut yaitu koral, dia mempunyai pola lekuk yang tergantung dari sinar matahari. Jika pergerakkan sinar matahari semakin cepat maka pola nya akan semakin rapat.

Dan pada jaman dahulu pola lekukan fosil biota laut ini jauh lebih rapat dari pada biota laut saat ini. Artinya pada jaman dahulu bumi berputar lebih cepat, sehingga menyebabkan pergerakkan sinar matahari akan lebih cepat.

Bagaimana jika tanpa bulan?
Bumi bisa mengalami 9600 jam selama satu hari! Jika sehari penuh hanya 9600 jam maka kemungkinan besar matahari menyinari bumi selama 4800 jam!

Bumi meleleh


Bulan adalah faktor utama dalam terjadinya gerhana matahari. Bulan bertugas menahan cahaya matahari supaya tidak dapat menerobos bimi saat gerhana matahari berlangsung.

Bagaimana kalau tidak ada bulan?
Yang pasti permukaan bumi akan langsung terbakar habis oleh sinar gerhana matahari. Istilahnya lainnya yaitu badai matahari. Tentunya dalam sekejap manusia akan langsung musnah. Serem bangetzz.....

Penyakit mengerikan


Adanya bulan bisa memperkecil akibat yang dirasakan oleh sinar ultraviolet matahari. Kalau bumi tidak mempunyai bulan? tentunua akan berakibat efek yang sangat buruk yaitu dapat menyebabkan katarak & kanker kulit.

Bayangin aja dari pagi hingga sore kamu harus selalu dalam ruangan, dan nggak bisa kemana mana. Hanya bisa keluar pada malam hari. Mungkin kehidupan sekarang akan kebalik ya?.

Yang tadinya begadang pas malem sekarang jadi siang. dan yang tadinya kerja saat pagi, jadi kerja malam. Tentu hal ini butuh proses yang lama.

Nggak ada acara nonton gerhana matahari bareng


Ini adalah salah satu acara favorit pada tanggal 9 maret lalu. Seluruh warga indonesia berbondong bondong keluar rumah untuk menyaksikan fenomena langka ini.

Tentulah sangat langka, karena gerhana matahari terakhir yang terjadi di indonesia yaitu sekitar tahun 80 an. Walaupun hanya terjadi beberapa menit, ini adalah momen yang sangat spesial sampai sampai saya bosan semua stasiun tv menayangkan gerhana matahari live semua.

Namun apa yang terjadi jika tidak ada bulan?. Tentunya tidak akan ada acara nonton gerhana matahari bareng diancol, dijembatan ampera dan diseluruh tempat didunia.

Mengapa demikian? masa kamu nggak tahu sih?. Gerhana matahari akan terjadi jika menghalangi sinar matahari yang datang ke bumi. Jika tidak ada bulan pastinya tidak akan ada gerhana matahari dan nggak ada yang jual kacamata matahari.

Artikel terkait:

7 Tanggapan untuk "Apa Yang Terjadi Jika Bumi Tanpa Bulan?"

  1. Gk ad bulan, satra gk ad yg tentang bulan, kurang bervariasi, termasuk jg lukisan. Jdi bulan jg berpengaruh pd seni klo menurutku, wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Wah bener banget nih. Nggak kebayang kalau malam menjadi sangat gelap tanpa bulan. Kira-kira butuh berapa lampu untuk menerangi lingkungan di sekitar kita, hehe.

    ReplyDelete
  3. wuhh banyak juga ya... yang paling masuk akal di otak awam kaya saya ini sih yang - terjadi gangguan pasang surut air laut dan yang malam gelap tanpa sinar bulan.. tapi saya yakin kok, beberapa fakta di atas byk yang cocok.. dan kayaknya ngerih ngerih ya?

    ReplyDelete
  4. Wah, bisa repot penentuan penanggalan jika tidak ada bulan...

    ReplyDelete
  5. aduh repot juga ya klo bulannya gak ada bisa-bisa kelar juga bumi ini
    oiya gan apa bener bulan setiap beberapa tahun akan semakin menjauh dari bumi.?

    ReplyDelete
  6. Betapa kelamnya jika bumi tanpa bulan, yg paling mengerikan bumi akan meleleh karena cahaya matahari g terhalang sama bulan, mungkin jika jutaan tahun yg lalu sehari itu tidak kurang dr 5 jam maka sangat masuk akal kalau sekarang sehari lebih dari 5 jam karena akibat pergeseran bulan dari tempatnya.. terimakasih min ilmunya sangat rasional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Typo mas.. yang benar adalah jika bumi tanpa bulan sehari penuh di bumi bisa mencapai 9600 Jam. karena tiap tahunnya bulan menjauh 3,2 cm, dan hal itu menyebabkan rotasi bumi semakin melambat.

      Delete

close
loading...